Selasa, 25 Oktober 2011

Membuat Rumus terbilang di Ms Excel



ExcelSeringkali pada saat membuat kuitansi secara komputerisasi, kita agak kerepotan menulis secara manual “terbilang” dari jumlah angka yang tertera. Misalnya Rp.1.750.500,00 , maka terbilangnya adalah : “Satu Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Lima Ratus Rupiah”. Jika kita hanya membuat 1 (satu) atau sedikit kuitansi atau dokumen lainnya dalam sehari, maka hal ini tidak begitu merepotkan. Tapi jika ada puluhan atau ratusan kuitansi dan dokumen lainnya yang disebutkan didalamnya “terbilang”, maka…. wah……… capede…….. bisa-bisa terjadi kesalahan tulis saking banyaknya. Untuk itulah ditulisan ini saya sedikit sharing ilmu dalam memudahkan untuk menulis terbilang dari suatu angka.
Biar tidak terlalu lama, langsung saja ke bahasan…. bahwa salah satu kehebatan dari aplikasi Excel adalah dapat ber-integrasi dengan aplikasi Visual Basic, yaitu dari salah satu menu di Excel yaitu “Macro”.
Pada dasarnya, menu macro tidak diaktifkan secara langsung di Microsoft Office, alias di Disable, karena ada beberapa jenis virus yang menyerang komputer melalui menu macro di Microsoft Office termasuk di Ms Excel. Tapi saat ini sudah banyak antivirus yang dapat mengatasi masalah virus macro tersebut. Berikut tahap-tahap untuk membuat rumus terbilang di Ms Excel di Ms Office 2003. Karena saya tidak menggunakan Ms Office 2007, maka untuk Ms Office 2007 silahkan disesuaikan dengan tahap-tahap dibawah karena sepertinya tidak jauh berbeda, mungkin hanya letak dari menu-menunya saja.
Tahap-Tahap Persiapan
Sebelumnya kita ubah Setting Regional ke format Indonesia.
Setelah itu kita set tingkat keamanan macro di Ms Excel agar tidak disable, caranya : Pilih menu “Tools”“Macro”“Security…”, maka akan muncul kotak dialog security seperti dibawah ini, lalu pada tab “Security Level” silahkan pilih “Low” atau “Medium” (rekomendasi saya adalah pilih Medium), lalu pilih “OK”. Jika kita memilih Medium, pada awal kita membuka file terbilang tersebut, maka akan ada kotak dialog “Security Warning”, lalu pilih “Enable Macros”.
security macro
Security Level Macros
Selanjutnya setelah sheet terbuka, maka Pilih menu “Tools”“Macro”“Visual Basic Editor”, maka akan muncul layar “Microsoft Visual Basic”. Lalu klik kanan “VBA Project” di bagian kiri atas, lalu pilih “Insert”“Module”.
insert module
Microsoft Visual Basic
Akan muncul layar baru “Module 1″. Pada layar tersebut copy-kan seluruh teks dari file “Rumuz Bilangan.doc” (tanpa ada yang diubah). Lalu tutup layar dari “Microsoft Visual Basic” tersebut, maka akan kembali ke sheet Excel awal. Dan Rumus akhirnya siap untuk digunakan.
modul baru
Hasil Copy Rumus Di Modul Baru
Contoh Penggunaan Rumus
Pada sheet kosong dari file Ms Excel yang sebelumnya telah dilakukan proses rumus macros seperti tahap diatas, ketikkan angka pada cel D3 terserah anda, dalam contoh ini saya ketikkan : 154652125, setelah di format cell menjadi Rp 154.652.125. Lalu di cel D7 ketikkan rumus berikut: =bilangan(D3) lalu tekan Enter. Maka hasilnya akan muncul tulisan terbilang dari angka yang telah dimasukkan pada cel D3 diatas, yaitu : “Seratus Lima Puluh Empat  Juta Enam Ratus Lima Puluh Dua  Ribu Seratus Dua Puluh Lima  Rupiah” dengan ada tambahan kata “Rupiah” dibelakang tulisan terbilang tersebut, karena memang saya setting seperti itu pada rumus visual basicnya, tapi jangan khawatir karena kata “Rupiah” dapat diubah sesuai keinginan kita dan juga dapat di hilangkan sama sekali (akan diuraikan nanti).
Keterangan
  1. Rumus Terbilang Visual Basic yang telah disebutkan diatas hanya dapat digunakan oleh file Ms Excel yang bersangkutan dan untuk menggunakan rumus yang sama pada file Ms Excel yang lain, maka harus menerapkan ulang tahapan yang sama seperti tahap-tahap tersebut diatas.
  2. Penjelasan dari rumus excel =bilangan(D3) kurang lebih adalah : “=” merupakan karakter wajib untuk memulai suatu rumus dalam Ms Excel. “bilangan” adalah kode fungsi untuk menggunakan rumus visual basic diatas. “(  )” adalah lingkup dari area yang akan menggunakan fungsi rumus bilangan, dalam rumus ini hanya dapat diterapkan untuk satu cel. Dan “D3″ adalah lokasi cel dari angka yang akan diterapkan rumus bilangan.
  3. Jika kata “Rupiah” yang ada dibelakang kalimat terbilang mau anda ubah atau hilangkan sesuai kebutuhan, maka caranya adalah : Pilih menu “Tools”“Macro”“Visual Basic Editor”, maka akan muncul layar “Microsoft Visual Basic”. Jika layar “Module 1″ belum terbuka maka klik dua kali pada file “Module 1″ di bawah Folder “Modules” dan folder “VBAProject” (bagian kiri atas) hingga layar “Module 1″ terbuka. Jika telah terbuka maka pada layar tersebut scrool ke teks paling bawah. Dibaris kedua dari bawah ada teks : bilangan = Temp & ” Rupiah” . Sebagai contoh, untuk mengubah rupiah menjadi unit, maka Ganti ” Rupiah” menjadi ” Unit”. Adapun jika mau menghilangkan kata rupiah, maka hapus teks & ” Rupiah” pada kalimat diatas.
  4. Jika anda menghendaki untuk melakukan beberapa terbilang dalam satu file Ms Excel dengan kata belakang yang berbeda, maka anda dapat melakukan cara ini, yaitu : hapus teks bilangan = Temp & ” Rupiah” di Module 1 , lalu keluar dari Microsoft Visual Basic. Kemudian anda dapat melakukan rumus ini dalam setiap terbilang :
=concatenate(bilangan(alamat cell);” kata yang diinginkan”)
Keterangan :
  • Rumus “concatenate” adalah rumus untuk menggabungkan beberapa karakter, cell dll dalam satu cell.
  • Rumus “bilangan(alamat cell)” adalah rumus bilangan yang telah dibahas diatas.
  • Kalimat ” kata yang diinginkan” adalah masukan kata yang ingin digabungkan dengan rumus bilangan. Jika kata yang diinginkan adalah “unit”, maka jadinya “terbilang unit”. Perlu diingat bahwa kata yang diinginkan adalah merupakan karakter teks yang bukan termasuk rumus, jadi harus berada didalam dua tanda kutip (” “), dan spasi pun termasuk kedalam karakter (kurang lebih penjelasannya seperti itu).
Mengubah Kata Rupiah
Mengubah Kata Rupiah
Selesai deh…. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share it