Jumat, 29 April 2011

Cara Mempercepat Loading Page Situs Anda



Waktu tunggu/loading page suatu situs/blog/website merupakan faktor paling utama yang mempengaruhi usability, kebanyakan pengunjung situs/blog/website akan langsung melewatkan/skip/menutup browser mereka ketika gagal atau membuka situs/blog/website dengan waktu yang sangat lama. Berikut ane sajikan beberapa tips guna Mempercepat loading page situs anda:


Optimasi gambar: Selalu gunakan fitur "Save for the web" pada image editor yang sering sobat gunakan (misal Photoshop). Atau sobat dapat menggunakan online image optimizer.

Format gambar: Selalu gunakan format gambar yang tepat. Format paling sesuai adalah JPEG untuk image true color. Sementara format GIF sesuai untuk image flat-color seperti untuk logos atautombol . format PNG pada dasarnya bekerja seperti format GIF namun membutuhkan banyak warna.

Optimisasi CSS: Pastikan CSS sobat bersih, silahkan sobat kunjungi CleanCSS untuk mengoptimasi CSS sobat.

Gunakan slash pada link: Ketika user membuka halaman"http://www.domain.com/about" server harus mengetahui jenis halaman apakah yang sedang dikunjungi. Jika sobat menambahkan slash (/) pada akhir link maka server sudah pasti tahu jika halaman tersebut merupakan halaman direktori sehingga server tidak harus mengecek jenis halaman tersebut.

Gunakan tag Height dan Width pada image: Dengan menentukan height dan width pada image, browser tidak harus menentukan berapa ukuran yang sesuai dengan halaman website sobat sehingga waktu load tentu akan lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar